Pangajian Tarikat: Naskah Yang Ditulis Dipenghujung Abad XX

Adriyetti Amir

Sari


Kertas kerja ini mengangkat satu lagi naskah Nusantara, Minangkabau, yang ditulis diakhir abad XX oleh Haji Khatib Deram (dalam naskah ditulis H.K. Deram) di Tandikat, Pariaman, Sumatera Barat, yaitu “Pangajian Tarikat”. Perkenalan saya yang pertama dengan tulisan H. K. Deram adalah melalui naskah “Tarikat”. Fotokopi naskah itu dibeli Prof. Edi Sedyawati di Ulakan kira-kira tahun 2000; saya beruntung beliau memperlihatkan kepada saya kemudian kami transliterasikan sedikit. Tak lama kemudian, tahun 2002 saya ke Ulakan dan mendapatkan fotokopi naskah “Pangajian Tarikat” ini. Bersama beberapa kawan lain, saya berkunjung ke Tandikat, ke rumah H. K. Deram. Ternyata beliau sudah wafat tahun 1999. Keluarga yang tinggal hanya menunjukkan beberapa lembaran lepas yang berisi naskah-naskah tak diselesaikan. Sebelum ini saya sudah membicarakan tiga naskah Minangkabau yang ditulis H. Imam Maulana Amin al-Khatib yang ditulisnya juga diakhir abad XX, yaitu Riwayat Syeh Burhanuddin pada tahun 2001, Risalah Mau’izatul Hasanah pada tahun 2003, dan Sejarah Syeh Surau Baru 2005. Maknanya, dengan ini kita melihat bahwa masih ada proses penulisan naskah, tulisan tangan dan dengan huruf Arab-Melayu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Bamar, Khalili dan Hanafi R, I. 1990. Ajaran Tarekat: Suatu Jalan Pendekatan Diri Terhadap Allah Swt. Surabaya: Bintang Remaja.

Al-Khatib, Imam Maulana Abdulmunaf Amin. 1996. “Mau’izatul Hasanah”. Naskah.

Al-Khatib, Imam Maulana Abdulmunaf Amin. 2002. “Kitab Riwayat Hidup Imam Maulana Abdulmunaf al-Khatib”. Naskah.

Amir, Adriyetti. 1983. “Kitab Pengetahuan Bahasa: Kajian Leksikografis”. Skripsi S1 di Fak. Sastra UI, Jakarta.

Amir, Adriyetti dkk, 1997. “Pemetaan Sastra Lisan Minangkabau”. Laporan Penelitian kepada Asosiasi Tradisi Lisan, Jakarta.

Amir, Adriyetti, 2001. Sejarah Ringkas Aulia Allah al-Shalihin Syeh Burhanuddin Ulakan: Pengantar dan Transliterasi. Edisi Khusus Jurnal Puitika, Fak. Sastra Univ. Andalas.

Amir, Adriyetti, 2002. “Bahasa Melayu atau Bahasa Minangkabau (Catatan Kecil saja)” dalam Bakry, Sastri Yunizarty dan Media Sandra Kasih (ed.) Menelusuri Jejak Melayu Minangkabau. Padang: Yayasan Citra Budaya Indonesia, hlm. 83-90.

Amir, Adriyetti, 2003. “Mau’izatul Hasanah: Fenomena Pernaskahan di Minangkabau”, kertas kerja pada Simposium Internasional MANASSA di Bali, 28-30 Juli.

Baried, Baroroh dkk. 1983. “Pengantar Teori Filologi”. Yogyakata: Proyek Pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Deram, H.K. 1992. “Pangajian Tarikat”, naskah, ditulis di Pariaman.

Deram, H.K. 1993. “Tarikat”, naskah, ditulis di Pariaman.

Robson, S.O. 1978. “Pengkajian Sastra-Sastra Tradisional Indonesia” dalam majalah Bahasa dan Sastra, No. 6, Th IV, hlm. 3-48.

Robson, S.O. 1994. Prinsip-Prinsip Filologi Indonesia. Jakarta: RUL.

Van Bruinessen, 1999 (cet. III). Kitab Kuning: Pesantren dan Terekat, Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.


Refbacks

  • »
  • »


ISSN No: 2338-512X
e-ISSN No: 2477-619X

Supported by :


Jurnal Online
Management Jurnal Elektronik



Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia




Indexed by :