Inovasi Aplikasi Augmented Reality (AR): Pencarian lokasi POP, splice closure dan pencarian pelanggan

Eddy Ramdan, Wawan Setiawan, Lusi Alvina Tofani, Hana Asyifa

Sari


ICON+ sebagai perusahaan jasa yang bergerak dibidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang senantiasa memberikan layanan sebaik-baiknya kepada pelanggan dengan konsisten dan mengembangkan inovasi produk yang merupakan salah satu dari nilai perusahaan. Dalam mendukung peningkatan pelayanan diatas saat ini ICON+ sedang membangun sistem inventory data jaringan (AMARTA) yang berguna sebagai pusat data jaringan baik untuk data OSP (outside plant), ISP (inside plant) maupun Logical, yang mana data ini diharapkan memiliki peranan dan kontribusi penting dalam mendukung proses bisnis. Agar data yang tersimpan didalam database ICON+ ini bisa digunakan lebih optimal lagi, maka dibuatlah suatu desain dalam bentuk reality tertambah (Augmented Reality) yang dapat diakses melalui smartphone android menggunakan client layar browser agar entitas jaringan dapat dicari dan ditemukan dengan cepat dan mudah. Karya Inovasi ini dirancang dan dibangun pada aplikasi OS Android disisi client menggunakan platform Layar dengan Server Layar sebagai web service-nya untuk menjembatani permintaan informasi client ke database POI (Point of Interest) yang berisi data titik keberadaan atau POP (Point of Presence), penutup sambungan (Splice Closure) dan pelanggan (Customer). Karya inovasi ini bertujuan untuk membangun aplikasi dalam meningkatkan persepsi seseorang dari dunia yang ada disekitarnya dan menjadikan sebagian dunia virtual dan dunia nyata sebagai antarmuka yang baru yang mampu menampilkan informasi yang sesuai dan tepat dalam membantu pencarian lokasi entitas seperti POP, Splice Closure dan Customer yang dibutuhkan seperti pada divisi pemeliharaan dan divisi lainnya yang membutuhkan informasi tersebut. Sehingga dari aplikasi yang dibuat ini diharapkan dapat memberikan kemudahan baru dan cara baru bagi para penggunanya.

Kata Kunci


titik keberadaan POP; penutup sambungan; pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonymous, "ICON+ Sustainability Report," PT. INDONESIA Commnets Plus, Jakarta, pp.38-39. 2014.

Anonymous, "150820_Injarow Report Week 34, Divisi Inventori Data Jaringan dan RoW," PT. Indonesia Comnets Plus, Jakarta, pp.2. 2015.

Y. Chen, Q. Wang, H. Chen, X. Song, H. Tang, and M. Tian, 2019, "An overview of augmented reality technology," Journal of Physics: Conference Series, Vol. 1237, pp. 022082. DOI: 10.1088/1742-6596/1237/2/022082.

D. Nincarean, M. B. Alia, N. D. A. Halim, and M. H. A. Rahman, 2013, "Mobile Augmented Reality: The Potential for Education," Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 103, pp. 657-664. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.385.

R. Azuma, J. Weon Lee, B. Jiang, J. Park, S. You, and U. Neumann, 1999, "Tracking in unprepared environments for augmented reality systems," Computers & Graphics, Vol. 23, No. 6, pp. 787-793. DOI: https://doi.org/10.1016/S0097-8493(99)00104-1.

J. Bolan, Y. Suya, and U. Neumann, "Camera tracking for augmented reality media," in 2000 IEEE International Conference on Multimedia and Expo. ICME2000. Proceedings. Latest Advances in the Fast Changing World of Multimedia (Cat. No.00TH8532), 2000, pp. 1637-1640 vol.3.

R. Azuma, Y. Baillot, R. Behringer, S. Feiner, S. Julier, and B. MacIntyre, 2001, "Recent advances in augmented reality," IEEE Computer Graphics and Applications, Vol. 21, No. 6, pp. 34-47. DOI: 10.1109/38.963459.

E. Ramdan, W. Setiawan, and L. A. Tofani, "Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality (AR) untuk Pencarian lokasi POP, Splice Closure dan Customer ICON+ berbasis OS Android," KANVAS ICON+, pp. 31, Asset Management Division, PT. Indonesia Comnets Plus, Jakarta, 2016.

L. Madden, Professional Augmented Reality Browsers for Smartphones: Programming for junaio, Layar and Wikitude. United Kingdom: John Wiley & Sons, 2011, ISBN: 9781119992868.

K. N. Kutulakos and J. R. Vallino, 1998, "Calibration-free augmented reality," IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, Vol. 4, No. 1, pp. 1-20. DOI: 10.1109/2945.675647.

P. Haryani and J. Triyono, 2017, "AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI TEKNOLOGI INTERAKTIF DALAM PENGENALAN BENDA CAGAR BUDAYA KEPADA MASYARAKAT," 2017, Vol. 8, No. 2, pp. 6. DOI: 10.24176/simet.v8i2.1614.

S. Julier, M. Lanzagorta, Y. Baillot, L. Rosenblum, S. Feiner, T. Hollerer, and S. Sestito, "Information filtering for mobile augmented reality," in Proceedings IEEE and ACM International Symposium on Augmented Reality (ISAR 2000), 2000, pp. 3-11,

R. T. Azuma, 1997, "A Survey of Augmented Reality," Presence: Teleoperators and Virtual Environments, Vol. 6, No. 4, pp. 355-385. DOI: 10.1162/pres.1997.6.4.355.

U. Neumann and S. You, 1999, "Natural feature tracking for augmented reality," IEEE Transactions on Multimedia, Vol. 1, No. 1, pp. 53-64. DOI: 10.1109/6046.748171.

Y. Suya, U. Neumann, and R. Azuma, "Hybrid inertial and vision tracking for augmented reality registration," in Proceedings IEEE Virtual Reality (Cat. No. 99CB36316), 1999, pp. 260-267, ISBN: 1087-8270.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN No: 2339-1073

Supported by :


Jurnal Online
Management Jurnal Elektronik



Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia




Indexed by :