Survey Keberadaan TV Muhammadiyah (TV-Mu) di Tingkat Ranting Warga Muhammadiyah

Kun Fayakun, Fajar Mujaddid, Harry Ramza

Sari


Televisi merupakan media informasi yang effektif untuk memberikan informasi secara audio dan visual. Dalam perkembangnya siaran – siaran program televisi, wawancara langsung, film (dokumenter, hiburan), realita, SINETRON (sinema elektronik), iklan serta acara atau program siaran keagamaan. Program siaran keagamaan telah ada sejak adanya siaran TVRI sebagai stasiun pemancar TV pemerintah serta diikuti oleh TV – TV swasta lainnya namun waktu penayangannya relatif singkat atau cepat. Sehingga dirasakan perlunya televisi yang menyiarkan program – program bernuansa keagamaan dan Islami. Salah satu pemancar televisi keagamaan yaitu TV-Mu (TV Muhammadiyah) yang didirikan oleh PP Muhammadiyah. Stasiun pemancar TV-Mu bertujuan sebagai media dakwah dengan menyiarkan program – program pengetahuan agama dan kemuhammadiyahan serta seluruh kegiatan – kegiatan yang ada diperserikatan Muhammadiyah. Berdasarkan tujuan dakwah tersebut perlu untuk melakukan pengukuran pendapat TV-Mu pada tiga kawasan yaitu: Ranting Tanjung Barat – Cabang Pasar Minggu; Ranting Ciganjur – Cabang Cipedak dan Cabang Kebayoran Baru serta untuk mengetahui apakah warga Muhammadiyah sudah mengetahui keberadaan TV Muhammadiyah dan mengetahui isi siaran – siaran program dari TV MU, serta dirasakan manfaatnya bagi ranting – ranting Muhammadiyah. Ini juga merupakan penilaian kualitatif dan umpan-balik dari warga Muhammadiyah (khususnya tingkat ranting) untuk TV MU yang dibawah langsung PP Muhammadiyah.

Kata Kunci


Survey keberadaan; TV Muhammadiyah (TV-Mu); Ranting Warga Muhammadiyah; Cabang Warga Muhammadiyah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djamal dan Andi Fachruddin. 2013. Dasar – dasar Penyiaran, Sejarah, Organisasi, Operasional dan Regulasi, Hidajanto : Prenadamedia Group.

Dwi Ananto Widjojo. 2013. Pemancar Televisi dan Peralatan Studio : Alfabeta CV

G.K. Batchelor. 2014. Dasar – dasar Produksi Televisi, Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter dan Teknik Editing : Prenadamedia Group.

Kuswita, Herry. 2014. “Strategi Penyajian Program Pendidikan di Televisi Edukasi”. Dalam ejurnal Esa Unggul.ac.id, ISSN 1907-8870 Vol. 11, No. 1, Maret 2014.

Morissan, MA. 2015. Manajemen Media Penyiaran, Strategi Mengelola Radio dan Televisi : Prenadamedia Group.

Mubarok, Yaser dan Dasrun Hidayat. 2014 “Analisis Deskriptif Program MQTV Sebagai Media Dakwah”. dalam ejournal.bsi.ac.id, ISSN 2355-0287 Vol. 1, No. 2.

Straubhaar, Joseph D. DR. and Robert Larose. 2001. Communication Media in the Information Age: Wadsworth Publishing.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN No: 2338-512X
e-ISSN No: 2477-619X

Supported by :


Jurnal Online
Management Jurnal Elektronik



Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia




Indexed by :