TRANSISI EKONOMI POLITIK GAM: Kajian Arah Pembangunan Gerakan Aceh Merdeka GAM

Muhammad Ridhwan, Fauzi Fauzi, Sity Daud

Sari


Makalah ini membahas tentang kajian – kajian sosial dan politik masyarakat Aceh sebagai suatu pertimbangan pemikiran untuk memajukan dan kesejahteraan masyarakat serta membangun kembali peradaban, tata kehidupan dan strutkur sosial yang telah terbangun semenjak dahulu. Pasca perjanjian damai antara Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005, bertempat di Smolna the Government Bunked Hall (Balai Pertemuan Finlandia), GAM dan Pemerintah Republik Indonesia (RI) dapat bertemu dan duduk bersama di satu meja untuk mengikrarkan janji, membubuhkan tandatangan dalam (Memorandum of Understanding) MoU Helsinki atas kesepakatan perdamaian, penghentian perselisihan yang telah berlangsung selama hampir tiga puluh tahun lebih. Yang memfasilitasi perdamaian adalah Crisist Management Initiative (CMI), lembaga yang dipimpin oleh mantan Presiden Finlandia Marti Ahtisaari yang memediasi pertemuan perundingan tersebut. Tercapainya kesepakatan perdamaian Aceh merupakan perjalanan panjang dari kedua belah pihak dalam proses negosiasi politik yang alot. Lobi-lobi politik dalam proses perundingan, ditempuh Pemerintah RI melalui pendekatan kemanusiaan dengan mempertimbangkan penderitaan rakyat Aceh harus dihentikan, rusaknya tatanan perekonomian harus disudahi, hancurnya sarana dan prasarana umum serta hilangnya puluhan ribu nyawa masyarakat sipil yang tidak berdosa menjadi telaah para perunding untuk mengakhiri konflik konflik rakyat Indonesia di penghujung barat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kunio, Yoshihara, Militer Dan Kapitalisme Ersatz: Bisnis ABRI Pada Masa Orde Baru, Yogyakarta: Aditya Media, 1994, Hlm. 80.

Mas’oed, Mochtar, Ekonomi Politik dan Sruktur Politik Orde Baru1966-1971, Jakarta: Lembaga Penelititan Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, 1989.

Reid, Anthony, “Asia Tenggara dalam Kurun Niaga 1450-1680”, (terj), Jakarta: Yayasan Obor, 1993, hlm.,10.

Aspinall, Edward ,“Pemilihan Umum Konsolidasi Perdamaian”, Consiliation Resources, December 2006.

Indonesia File, “Dari Majapahit hingga Indonesia Raya”, http://indonesiafile.com, akses, 5, April, 2010.

Aspinall, Edwar, “Combatants to Contractors: The Political Economy of Peace In Aceh”, http://cip.cornell.edu ,Akses, 28 Januari 2010.

Al Chaidar, Sayed Mudhahar Ahmad, dan Yarmen Dinamika, Aceh Bersimbah Darah: Mengungkap Penerapan Status Daerah Operasi Militer (DOM) di Aceh 1989-1998, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1999.

Lihat Clifford James Geertz (San Francisco, 23 Agustus 1926–Philadelphia, 30 Oktober 2006).

Floriberta Aning. S, 100 Tokoh Yang Mengubah Indonesia: Biografi Singkat Seratus Tokoh Paling Berpengaruh dalam Sejarah Indonesia di Abad 20, Yogyakarta: Narasi, 2005.

Syamsyuddin Haris, “MoU Helsinki peluang atau perangkap”, Pusat Penelitian Politik. Jakarta, 2007.


Refbacks

  • »


ISSN No: 2338-512X
e-ISSN No: 2477-619X

Supported by :


Jurnal Online
Management Jurnal Elektronik



Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia




Indexed by :